Arjen Robben

MINEWS, JAKARTA – Arjen Robben, eks bintang timnas Belanda akhirnya menyatakan gantung sepatu alias pensiun dari lapanan hijau.

“Ini keputusan sulit. Keputusan yang telah mengguncang hati dan pikiran saya, kata Robben, seperti dikutip dari Telegraf, Kamis 4 Juli 2019 malam WIB.

Keputusan pensiun ini menyusul salam perpisahan Robben dari raksasa Jerman, Bayern Munchen, setelah mengenakan kostum tersebut selama 8 musim.

Robben sebenarnya berpeluang memakai seragam klub lain, namun ia memutuskan pensiun total sebagai pesepak bola profesional. Apalagi, dirinya juga telah menyatakan pensiun dari timnas Belanda sejak Oktober 2017 lalu.

Dwigelar Liga Jerman dan Piala Jerman yang diraihnya bersama Muenchen pada 2018/2019 menjadi prestasi penutup karier profesionalnya.

Robben menjalani debut profesional bersama tim senior FC Groningen pada 3 Desember 2000 sebagai pemain pengganti pada menit ke-79 laga Eredivisie Liga Belanda melawan RKC Waalwijk.

Sejak itu ia mengembara melakoni 19 tahun karier profesional bersama empat klub lain yakni PSV Eindhoven, Chelsea, Real Madrid dan tentunya Muenchen. Bersama PSV ia menjuarai Liga Belanda 2002/2003 sembari menyabet gelar Pemain Tebaik di musim yang sama.

Pemain dengan lari super kencang ini juga merasakan dua gelar juara Liga Inggris, satu trofi Piala FA dan dua trofi Piala Liga Inggris serta satu gelar juara Liga Spanyol ketika bermain di Madrid.

Karier puncaknya terjadi di Muenchen di mana ia mengemas 144 gol dalam 306 penampilan di semua kompetisi, membantu FC Hollywood delapan kali juara Liga Jerman, meraih lima trofi Piala Jerman serta mengangkat trofi Liga Champions musim 2012/2013.

Di tim Oranje, Robben punya catatan 96 penampilan dan mengantarkan Belanda ke final Piala Dunia 2010. Kariernya di Muenchen ditutup Robben dengan cara manis, mencetak gol dalam kemenangan 5-1 atas Eintracht Frankfurt yang memastikan gelar juara Liga Jerman 2018/2019.