lrt rencananya bakal tembus hingga ke puncak
Kereta light rail transit (LRT) melintas saat diuji coba di Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa, 28 Agustus 2018. (Foto: Istimewa)

MINEWS, JAKARTA-Wacana light rail transit (LRT) akan tembus ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, mulai muncul ke permukaan. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah.

Wacana itu muncul setelah Badan Penyelenggara Transportasi Jabodetabek (BPTJ) diberi mandat Presiden Joko Widodo atau Jokowi menata transportasi di Jalur Puncak.

“BPTJ sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperpanjang jalur LRT sampai ke Puncak Bogor,” ujarnya.

Menurut dia, ide itu spontan dari BPTJ tanpa ada usulan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, mengingat sebelumnya BPTJ sudah memastikan operasional transportasi berbasis rel itu akan masuk kawasan Bogor, yakni ke Terminal Baranangsiang, Kota Bogor.

“Kalau misalkan LRT sampai ke atas itu akan luar biasa, mengurangi kemacetan. Itu yang sebetulnya kita tunggu dari BPTJ,” kata Ipah seperti dikutip Antara.

Secara teknis, ketika LRT tembus ke kawasan Puncak, menurutnya diperlukan sistem Park and Ride untuk memaksimalkan fungsi transportasi publik. Artinya, menyediakan tempat parkir bagi masyarakat yang membawa kendaraan pribadi, sebelum beralih ke LRT.