Jangan Kendor! Begini Tips Lancar Puasa di Hari Pertama

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa hari lagi umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Persiapan apa yang sudah kamu lakukan untuk menyambut bulan suci ini?

Ingat, tak cuma menu sahur dan berbuka saja, kesehatan dan fisik yang prima yang juga perlu dipersiapkan di bulan Ramadan. Pasalnya, tubuh akan dipaksa untuk terbiasa tak makan dan minum selama sebulan dalam beberapa hari lagi.

Nah, jangan khawatir. Ibadah puasa kamu tetap bisa berjalan lancar kok. Biar tetap khusyuk berpuasa di bulan Ramadan tahun ini, yuk simak!

  1. Sahur Secukupnya

Di hari pertama puasa, tak jarang kamu berpikir menyantap sahur yang banyak bisa kuat tahan lapar dan haus seharian. Padahal, jika berlebihan bisa membuat kamu lesu dan mengantuk lho!

Untuk itu, pastikan untuk makan sahur secukupnya saja ya. Jangan lupa pastikan menunya sehat dan bergizi untuk tubuh.

2. Tetap Aktif

Meski saat puasa cenderung lemas, ada baiknya kamu tetap aktif bergerak dan melakukan kegiatan seperti biasanya. Sebab, jika jadi malas-malasan, rasa lapar dan haus jadi mudah terasa.

Tapi, tetap jaga energimu agar tak terkuras habis. Pintarlah mengontrol agar puasa kamu lancar hingga akhir.

3. Minum yang Cukup

Buat kamu yang malas minum air putih, segera hilangkan kebiasaan itu mulai sekarang ya. Sebab, minum air putih yang cukup jadi salah satu tips agar puasa pertama lancar lho!

Saat berpuasa, kita akan kekurangan cairan karena tidak makan dan minum lebih dari 12 jam. Untuk itu, minum air putih yang cukup bisa membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Pastikan kamu sudah minum, minimal 4 gelas saat sahur ya.

4. Tidur yang Cukup

Gak cuma minum, tidur yang cukup di bulan Ramadan juga sangat diperlukan. Pasalnya, kamu akan melakukan sahur pada dini hari dan memerlukan tidur yang cukup.

Hindari begadang di bulan puasa. Selain takut tertinggal sahur, begadang juga bisa menurunkan imunitas tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini