youtube presiden jokowi
Akun youtube Presiden Jokowi. (youtube @Presiden Joko Widodo)

MINEWS.ID, JAKARTA – Hari ini menjadi hari bahagia Presiden Jokowi karena akun youtube -nya mencapai 1,5 juta subscribers. Presiden pun mengucapkan terima kasih kepada para subscribers-nya.

“Sekian tahun hadir, kini bersama 1,5 juta Subscribers. Terima kasih telah menonton, berkomentar, memberi kritik, saran, dan inspirasi, melanglang buana dan berbagai pelosok Nusantara bersama saya. Sekali lagi, terima kasih!” Lalu, apa yang bisa didapat youtuber dengan subscribers sebanyak itu?

Banyak hitung-hitungan yang membuat penghasilan seorang youtuber sesuai dengan dengan jumlah subscriber-nya. Pokoknya rumit.

Tetapi mari kita lihat youtuber Bayu Eko Moektito yang ‘nama panggungnya’ Bayu Skak. Dua tahun lalu channel youtube -nya berhasil menghimpun 1 juta subscribers.

Waktu itu dia menyabuet Gold Button. Penghargaan tersebut dia peroleh setelah konsisten menjadi youtuber selama tujuh tahun.

Dengan satu juta subscriber ternyata Bayu bisa menghasilkan Rp 26 jutaan setiap bulan dari AdSense berdasarkan jumlah viewer yang mengakses kontennya.

Banyaknya pendapatan dari AdSense ditentukan oleh cost per mille alias CPM, yaitu bayaran yang diberikan setiap kelipatan 1.000 view pada konten video youtuber. Namun, setiap negara memiliki CPM berbeda-beda, tergantung banyaknya pengiklan yang memanfaatkan platform YouTube untuk mempromosikan produk.

Program Manager YouTube APAC, Niken Sasmaya, menyebutkan perkembangan YouTuber di Indonesia jauh lebih cepat ketimbang pengiklan yang memanfaatkan media tersebut. Artinya, untuk mendapat uang AdSense setiap youtuber haru berlomba-lomba membuat konten yang mampu menarik viewer.

Soal CPM YouTuber Indonesia saat ini, Niken mengungkapkan angkanya terus berubah-ubah, menyesuaikan dengan kondisi pasar.

CPM di Indonesia biasanya naik waktu Ramadhan dan akhir tahun. Pada musim itu para pengiklan biasanya jor-joran pasang iklan. Lalu akan turun lagi pas awal tahun.

Bayu Skak sendiri tak serta-merta mengandalkan pendapatan dari AdSense youtube -nya. Dia juga bergabung dengan sebuah Multi Channel Network (MCN) untuk menjangkau para brand atau pihak-pihak lain yang ingin bekerja sama. Dari proyek-proyek dengan brand tersebut rata-rata Bayu memperoleh Rp 30 jutaan setiap bulan.

Kini subscribers Bayu sudah mencapai 2,6 juta. Jadi secara logika penghasilan AdSense-nya sudah dua kali lipat dari 2017.

Jadi Presiden Jokowi setelah ini mungkin bisa memperoleh Rp 39 juta -an ke rekeningnya setiap bulan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here