Tak Mau Kalah dengan Solo, Kota Jogja Kembangkan Pembangunan Berkonsep City Beautification di 2023

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berupaya mempercantik wilayahnya dengan mengembangkan pembangunan berkonsep city beautification. Konsep menyuguhkan tampilan kota yang indah dalam menarik kunjungan wisata.

City beautification adalah sebuah gerakan yang berasal dari filosofi reformasi arsitektur Amerika Utara dan perencanaan kota yang berkembang sepanjang 1890-an dan 1900-an di mana tujuannya menonjolkan keindahan dan keagungan monumental kota.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Hari Satyowacono, membenarkan bahwa pembangunan yang dilakukannya mengusung city beautification.

Salah satu kawasan yang telah rampung adalah pedestrian di jalan Senopati, Kota Yogyakarta.

“Kita lihat ada permainan lampunya dan tanaman yang mendukung city beautification,” ujarnya Senin 30 Januari 2023.

Hari menyebut, proyek pedestrian diterapkan pada dua sisi jalan Senopati. Masing-masing panjangnya 700 meter, sehingga totalnya 1.400 meter. Dengan nilai kontrak mencapai Rp12 miliar.

Selanjutnya Hari berharap, pedestrian Senopati dapat menunjang kepariwisataan di Kota Pelajar karena memberi fasilitas yang aman dan nyaman bagi wisatawan yang parkir di Senopati untuk berkunjung di area sekitarnya.

Pedestrian memudahkan wisatawan untuk menuju Taman Pintar, Titik Nol Kilometer, dan Keraton Yogyakarta. Termasuk bagi difabel yang diberikan jalur khusus.

Di tempat terpisah, Ketua Komisi C DPRD Kota Jogja Ririk Banowati mengapresiasi pengerjaan proyek pedestrian Jalan Senopati yang tidak kendur meski musim penghujan. Sehingga proyek bisa segera rampung dan dapat dinikmati masyarakat Kota Jogja dan wisatawan.

“Hujan tidak menjadi alasan menunda penyelesaian proyek,” ujarnya.

Selanjutnya Ririk berharap, masyarakat nantinya bisa menjaga dan punya rasa memiliki atas sarana pedestrian ini. Sebab pedestrian merupakan fasilitas publik, yang semestinya dijaga bersama.

“Ini kan juga bermanfaat untuk masyarakat. Bukan hanya OPD terkait untuk menjaga dan memelihara. Tapi juga kewajiban kita semua sebagai masyarakat,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Apresiasi Aparat Keamanan Tangkap Petinggi OPM Paniai Papua

Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz berhasil menangkap petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Paniai bernama Petrus Pekei, yang mana pernah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini