Program PITAP Dongkrak Produktivitas Tambak Rakyat di Masa Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Program Pengelolaan Irigasi Tambak Partisipatif (PITAP) yang digagas pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadi pendorong peningkatan produktivitas tambak-tambak rakyat.

karena pelaksanaannya melibatkan mayarakat yang tergabung dalam Kelompok Pengelola Irigasi Perikanan atau disebut Poklina.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu yang akrab disapa Tebe menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Mengingat semakin banyak pula tenaga kerja yang terserap sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“PITAP menjadi salah satu kegiatan yang memiliki implikasi langsung terhadap kesuksesan peningkatan perekonomian dan produktivitas tambak rakyat karena melibatkan masyarakat di sekitar tambak,” ujarnya, Minggu 21 November 2021.  

Tebe juga menilai bahwa kegiatan padat karya seperti PITAP menjadi sebuah solusi pemberdayaan masyarakat untuk dapat bangkit setelah pandemi sekaligus memajukan perekonomian daerah di sekitar kawasan tambak.

“Dengan rekonstruksi tambak yang tertata dengan baik, termasuk di dalamnya saluran irigasi, maka penerapan prinsip ekonomi biru dapat terwujud sehingga dapat mewujudkan kawasan perikanan budidaya yang produktif, efisien dan ramah lingkungan,” katanya.

Sebagai informasi, program bantuan pemerintah PITAP telah digulirkan sejak tahun 2013, dan hingga tahun 2020 telah berhasil merehabilitasi saluran irigasi tambak sepanjang 944,7 km, dengan luas lahan tambak yang terairi sekitar 34.463 hektare.

Sedangkan pada tahun 2021 KKP mengalokasikan total 55 paket bantuan PITAP yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota di 10 Provinsi di seluruh Indonesia.

Sementara itu pengurus Poklina Waway Karya di Desa Pematang Pasir, Lampung, Ridwan sebagai salah satu penerima bantuan PITAP tahun ini merasa bersyukur dengan adanya perhatian dari Pemerintah terhadap warga desanya.

Ridwan mengatakan, warga desa Pematang Pasir yang mayoritas merupakan petambak udang vaname dan bandeng mengakui bahwa bantuan PITAP memberikan dampak signifikan terhadap produktivitas tambak di wilayah mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini