Dorongan Kuat Olly Dondokambey jadi Menpan RB

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Nama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey santer dikabarkan akan menjadi MenPAN-RB menggantikan Tjahjo Kumolo.

Hal itu mendapat respon dari Ketua DPP Bambang Wuryanto atau yang akrab disapa Bambang Pacul. Dirinya menyebut, siapapun sosok yang ditunjuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan tegak lurus menjalankan tugasnya.

Saat ditanyai siapa sosok yang akan ditunjuk Megawati, Dia menegaskan bahwa dirinya tidak mengetahuinya.

“Saya enggak tahu. Tak kasih tahu siapa yang pasti tahu, Ibu ketua umum,” ungkapnya.

Sementata itu, Politikus PDIP Arteria Dahlan menilai Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey layak menjadi MenPAN-RB menggantikan Tjahjo Kumolo menguat. Sebab, Olly merupakan aset partai.

“Pak Olly itu adalah aset partai kami, tokoh partai, ya sudah banyak memberikan kontribusi yang luar biasa. Saya pikir pak Olly juga sangat layak untuk duduk menjadi Menpan-RB,” kata Arteria.

Kendati demikian, dia juga belum mengetahui apakah Olly akan diangkat menjadi Menpan-RB. Karena, hal itu merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Megawati Soekarnoputri telah menyerahkan nama calon Menpan RB kepada Presiden Joko Widodo. Posisi Menpan RB milik PDIP masih kosong usai Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Hasto Kristiyanto menyebut, ada lebih dari satu nama kader PDI-P yang diajukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Menpan-RB.

“Ya pada hari Kamis yang lalu Ibu Mega (Ketum PDIP) sudah bertemu dengan Presiden Jokowi dan nama-nama sudah diserahkan,” kata Hasto.

Menurut Hasto, penyerahan nama itu sudah sesuai sistem presidensial yang diterapkan di Indonesia. Dalam sistem pemerintahan tersebut, presiden yang berhak memutuskan calon Menpan RB menggantikan Tjahjo.

“Sehingga nama-nama sudah diserahkan. Sehingga bapak presiden Jokowi lah yang akan menetapkan dan akan menentukan kapan momentumnya,” kata Hasto.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah di Jogja masih Didominasi Bahan Organik, DLH Jogja Minta Masyarakat Terapkan Biopori

Mata Indonesia, Yogyakarta - Ketua Tim Penanganan Sampah, DLH Kota Jogja, Mareta Hexa Sevana, menyoroti dominasi sampah organik dalam produksi sampah di wilayahnya yang mencapai lebih dari 50 persen. Mareta menekankan pentingnya perhatian terhadap masalah ini, terutama dari rumah tangga di Kota Yogyakarta.
- Advertisement -

Baca berita yang ini