Cover album perdana The Beatles Love Me Do (doc: vintagevinylnews.com)

MINEWS.ID, JAKARTA – Hari ini, menjadi momen peringatan debut perdana bagi The Beatles. Salah satu band kenamaan Inggris ini dianggap membantu mengubah budaya Inggris yang semula Swinging 60-an menjadi band rock.

Kala itu 5 Oktober 1962, Grup band dari Liverpool yang beranggotakan empat orang ini, meluncurkan single perdana yang berjudul Love Me Do. Lagu tersebut kemudian mencatatkan sejarah dengan menduduki peringkat #17 di Top Twenty.

Dikutip dari berbagai sumber, Love Me Do jadi sejarah yang membawa grup musik beranggota empat anak muda Liverpool ini menjadi legenda dalam perjalanan musik dunia.

Diketahui, lagu ini direkam sebanyak 3 kali dengan 3 drummer berbeda. The Beatles, dengan Pete Best yang menjadi drummer saat itu, merekamnya sebagai bagian dari audisi EMI-nya.

Dari tanggal 4 September, Best digantikan oleh Ringo Starr (produser George Martin tak menyetujui permainan drum Best), dan pada hari itu, The Beatles dengan Starr merekam versi yang ditujukan untuk peluncuran singel.

Seminggu kemudian, pada tanggal 11 September, The Beatles kembali ke studio dan menemukan bahwa Martin tak puas dengan permainan drum Starr dan telah meminta drummer sesi Andy untuk bermain drum di sesi itu; Starr hanya bermain rebana di samping.

Debut lagu ini bukan saja sebagai album rekaman perdana dari The Beatles tetapi juga merupakan lagu hit pertama mereka di jagat permusikan dunia.

Love Me Do diciptakan dan ditulis bersama John Lennon dan Paul McCartney. Lirik lagu dan musik dari “Love Me Do” direkam oleh Studio Abbey Road, London yang kemudian makin tersohor.

Studio itu kemudian dibuat terkenal oleh grup tersebut sebagai judul rekaman panjang mereka yang bersampulkan foto ikonik hingga kini, keempat personel Beatles melintas di atas zebra cross, Abbey Road.