Ilustrasi Watch Phone (cbronline)

MINEWS, JAKARTA – Menggunakan watch phone tengah menjadi tren di kalangan anak, khususnya yang ada di bangku sekolah dasar di kota-kota besar. Jam tangan canggih tersebut bias dipakai untuk menelepon dan melakukan video call.

Teknologi saat ini berkembang sangat pesat, tidak dipungkiri anak-anak sudah mengenal teknologi, kini muncul teknologi yang didesain khusus untuk anak dengan mengutamakan fungsi komunikasi dan keamanan yang bisa menjadi asisten kecil orang tua dalam menemani tumbuh kembang anak.

Namun banyak orang dewasa yang berpendapat bahwa watch phone yang sedang hype ini tidak lebih dari sekadar mainan anak-anak, lalu apa saja sebenarnya fitur yang dimiliki oleh si kecil canggih watch phone ini?

Komunikasi Dua Arah

Komunikasi dua arah adalah fungsi utama watch phone. Seperti namanya, gadget ini merupakan jam tangan yang bisa telepon. Sama seperti handphone orang dewasa, watch phone memerlukan simcard untuk pengoperasiannya. Jika menelisik merk watch phone imoo, watch phone ini dibekali teknologi canggih untuk otomatis memblokir panggilan asing dan memberikan notifikasi pada aplikasi di smartphone orang tua sebagai admin watch phone. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir karena hanya nomer yang telah terdaftar dan dikonfirmasi oleh admin yang bisa terhubung dengan watch phone.

imoo Watch Phone Z5 juga dibekali 5 MP Wide Angle Camera yang bisa menangkap gambar lebih luas dengan kualitas yang baik. Untuk jam tangan anak-anak, konfigurasi tersebut terhitung sangat canggih padahal ukuran jam tangan sangat kecil. Dengan adanya kamera pada watch phone maka orang tua bisa melakukan video call untuk merasakan sensasi tatap muka dengan anak. Banyak orang tua harus berangkat pagi sebelum anak bangun dan pulang malam ketika anak sudah tertidur, fitur video call ini membuat tatap muka dengan anak bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Mendeteksi Lokasi Anak Secara Presisi

Inti fungsi dari watch phone ini tidak hanya menyelesaikan kebutuhan komunikasi anak, tetapi juga menyelesaikan kebutuhan orang tua untuk melindungi keamanan anak-anak mereka. Salah satu faktor yang menimbulkan niat orang tua membeli watch phone untuk anak tentu karena fitur GPS-nya. Apalagi lokasi yang ditampilkan adalah real time, sehingga orang tua jadi tahu dimana posisi anak berada pada saat itu. Bagi para orang tua yang memiliki anak usia sekolah tentu akan merasa terbantu dalam memantau aktivitas harian anak. Apakah si kecil sudah sampai sekolah atau saat pulang sekolah apakah sudah sampai rumah, orang tua akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi di smartphone.

Jika orang tua ingin mengetahui keberadaan anak, hanya perlu membuka aplikasi pada smartphone yang terhubung dengan watch phone untuk melihat posisi akurat anak dan memberikan keamanan yang lebih baik lagi. Tidak hanya posisi, orang tua juga bisa mengetahui apakah anak dalam posisi diam atau berjalan bahkan berlari dengan sensor percepatan yang ada pada watch phone.
Dengan adanya fitur penunjuk lokasi ini, mengurangi kekhawatiran orang tua mengenai keberadaan si kecil. Tentunya sebelumnya orang tua harus bisa memberikan pemahaman kepada anak untuk bisa menjaga dengan baik watch phone, seperti tidak dilepas pakai.

Mode Kelas

Sebelum berangkat sekolah orang tua hendaknya selalu memastikan si kecil memasang watch phone ini dengan benar dan baterai juga harus dalam kondisi terisi. Agar anak bisa fokus dalam kegiatan pembelajaran orang tua bisa mengatur class mode melalui aplikasi watch phone. Terpantau saat ini hanya watch phone kenamaan merek imoo yang memiliki fitur canggih ini.

Nampaknya brand imoo sangat concern dalam menciptakan gadget khusus anak. Dikutip dari keterangan Fiki Khoerul Umami, PR imoo Indonesia, imoo Watch Phone telah didesain agar tidak mengganggu proses belajar anak di sekolah. “imoo Watch Phone memiliki fitur class mode yang bisa diaktifkan oleh handphone orang tua sebagai admin watch phone. Selama class mode aktif, watch phone berfungsi seperti jam tangan biasa untuk menunjukkan waktu dan hanya bisa melakukan telepon darurat ke admin watch phone,” katanya, Selasa, 30 Juli 2019.

Ketika anak sudah masuk kelas, mode kelas yang sebelumnya diatur oleh admin watch phone (smartphone orang tua yang pertama kali binding dengan imoo Watch Phone akan menjadi admin yang memegang kendali penuh atas watch phone anak) otomatis aktif agar anak berkonsentrasi dan tidak selalu bermain dengan jam tangan pintar miliknya. Namun jangan khawatir karena GPS tidak akan turut mati dan orang tua tetap bisa memantau posisi si kecil selama mode kelas.

Demikian pula mengenai keamanan. imoo mengklaim produknya ini justru fokus pada keamanan anak dan sudah merisetnya sejak 2013. Fiki menjelaskan, imoo Watch Phone dapat otomatis menolak telepon dari nomor asing dan orang tua akan mendapat notifikasinya. Teknologi keamanan data juga dijamin karena menggunakan enkripsi untuk mencegah peretas. “Soal keamanan data setara dengan (teknologi keamanan yang digunakan) bank,” tambahnya.

Pertemanan Sesama Pengguna Watch Phone

Hal lain yang perlu menjadi pertimbangan untuk memutuskan membelikan watch phone untuk anak adalah karena teman-teman si kecil di sekolah sudah banyak yang menggunakan. Karena pada jam ini terdapat fitur pertemanan, tentunya anak juga bisa ikut bergabung dengan teman-teman lainnya. Lagi-lagi saat ini imoo Watch Phone adalah satu-satunya yang memiliki fitur pertemanan. Dengan adanya fitur pertemanan ini membuat komunikasi si kecil dengan temannya juga lebih lancar dan bisa saling bertanya urusan sekolah tanpa harus memiliki smartphone.