Pukyong National University Busan Korea Selatan. (Trazy.com)

MINEWS.ID, JAKARTA – Mahasiswa Indonesia yang belajar di Korea Selatan dikagumi kecerdasannya oleh profesor negeri ginseng itu.

Hal tersebut didengar sendiri Duta Besar (Dubes) RI di Seoul Umar Hadi saat mengikuti wisuda mahasiswa di Pukyong National University (PKNU) di Busan Korea Selatan.

“Sebagian besar mahasiswa Indonesia yang belajar di Korsel berprestasi. Apalagi dua orang di antaranya sangat cerdas, pandai memanfaatkan waktu dengan baik, serta aktif di berbagai kegiatan inter dan intra kampus,” kata Umar Hadi yang mengulang pujian Wakil Presiden PKNU, Profesor Kim Don Joon.

Profesor Kim Don Joon mengharapkan hubungan Korsel – Republik Indonesia semakin kuat dengan pengiriman mahasiswa Indonesia ke PKNU tersebut.

Sementara Umar menilai hubungan tersebut telah ikut meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Dia menerima ucapan tersebut saat mengikuti wisuda mahasiwa PKNU, Jum’at 22 Februari 2019. Sejumlah mahasiswa yang belajar di situ juga ikut diwisuda.

Usai upacara wisuda, Dubes Umar beserta pengurus Persatuan Pelajar Indonesia di Korsel (Perpika) mengadakan syukuran bersama seluruh wisudawan dan keluarga dengan prosesi tumpengan.

Selain menghadiri wisuda, Dubes juga mengadakan pertemuan dengan perwakilan mahasiswa Indonesia di berbagai universitas di Busan, seperti Busan National University, Dong-A University, Youngsan University dan Kyungsung University serta PKNU.

Khusus bagi mereka yang akan menamatkan pendidikannya, Dubes menyarankan agar mencari pengalaman kerja dulu di Korea.

PKNU merupakan universitas terbaik kedua di Busan. Jurusan yang menjadi andalan adalah Teknik dan Ilmu Kelautan.

Saat ini terdapat sekitar 50 mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di universitas tersebut, baik program magister maupun doktoral.

Wisuda periode awal tahun meluluskan empat mahasiswa Indonesia untuk Program Doktoral dan 11 mahasiswa Program magister, yang hampir keseluruhannya mendapatkan predikat sangat memuaskan.