Mengintip Film Pertama di Dunia, Berdurasi 46 Detik Saja

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Para penggemar film mungkin akan bertanya-tanya apa film pertama yang diproduksi di dunia? Beberapa sumber sepakat kalau Roundhay Garden Scene, karya Louis Le Prince adalah film pertama yang diproduksi. Film itu berdurasi 2:11 detik.

Namun, dari sekian banyak sumber yang mengatakan demikian, ada pula yang berpendapat bahwa film pertama yang diproduksi adalah film produksi Lumiere Brother. Mereka adalah kakak beradik asal sekaligus proyektor bernama Cinematographe, yang menjadi cikal bakal kamera film modern.

Penemuan itu diluncurkan pada Maret 1895 ketika film berjudul Workers Leaving the Lumiere Factory diputar yang berisi tentang para pekerja yang meninggalkan pabrik Lumiere. Film-film Lumiere Brothers yang lain pun dinobatkan sebagai pemantik lahirnya film-film komersial lainnya.

Film tersebut pertama kali diputar di Grand Cafe, Paris pada 28 Desember 1895. Pemiliknya menampilkan serangkaian adegan singkat kehidupan Prancis dan mengenakan biaya masuk untuk pertama kalinya, yang kemudian disebut sebagai bioskop pertama di dunia.

Meskipun hanya berdurasi 46 detik, film inilah yang membuka mata dunia tentang perfilman. Walaupun sebelumnya sudah ada film yang dibuat, judulnya Roundray Garden Scene, diciptakan oleh Louis Le Prince dengan durasi dua detik saja. Namun, film tersebut tidak dianggap sebagai pelopor perfilman dunia.

Pembuat film pertama di dunia ternyata merupakan penemuan alat yang bisa memproyeksikan gambar bergerak. Alat ini dibuat menggunakan peralatan ayahnya yang merupakan seorang fotografer, alat tersebut bernama sinematografi.

Pada awalnya lahirnya film, memang tampak belum ada tujuan dan alur cerita yang jelas. Namun, ketika ide pembuatan film mulai tersentuh oleh ranah industri, barulah film dibuat lebih terkonsep, serta memiliki alur yang jelas.

Meskipun, pada era tersebut gambarnya masih tidak berwarna alias hitam-putih, dan belum didukung efek audio. Makanya banyak yang menyebut sebagai film bisu.

Reporter : Afif Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini