Menkeu Sri Mulyani
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani (foto: istimewa)

MINEWS, JAKARTA РMenteri keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati baru saja mendapatkan penghargaan kelas internasional, di Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019.  Penghargaan tersebut ia dapatkan untuk kategori State Persons Awards yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirates Arab (UAE).

Prestasi tersebut menjadi tambahan koleksi penghargaannya selama menjabat sebagai menteri di Indonesia. Kinerjanya yang memuaskan membuatnya pantas mendapatkan sederet anugerah.

Apa saja ya prestasi yang ia capai selama kurun waktu 15 tahun ini?

1. Menteri Keuangan Terbaik Versi Majalah Global Market

Penghargaan tersebut ia dapatkan di tahun 2018, atas kiprahnya mempertahakan reputasi keuangan Indonesia. Prestasi itu ia dapat karena dirasa kebijakan yang ia buat dianggap kredibel dan efektif.

2. Menteri Terbaik Di Dunia

Penghargaan Best Minister in The World Award ia terima di tahun 2016 dan diberikan di World Government Summit, Dubai. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum, selaku pemimpin Dubai.

3. Tokoh Berpengaruh di Asia

Wanita kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh di Asia oleh Singapore Institute of International Affair (SIIA). Penghargaan ini ia dapat jauh sebelum ia dinobatkan sebagai menteri terbaik di dunia. Kabarnya penghargaan tersebut ia dapatkan atas kontribusi luar biasa yang dihasilkan dalam bidang ekonomi, public policy, dan governance.

4. Menkeu Terbaik Di Asia Pasifik Tahun 2017-2018 Versi Majalah Finance Asia

Majalah asal Hong Kong itu menobatkan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan terbaik di Asia-Pasifik. Kabarnya, penghargaan tersebut sudah ia terima di tahun sebelumnya. Ia dianggap berhasil membawa perekonomian Indonesia menjadi lebih baik  dan juga dianggap berhasil memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mereformasi struktur keuangan di tahun 2017.

5. State Persons Award

Terakhir, penghargaan yang ia dapat ialah State Persons Award di Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019. Prestasi tersebut merupakan penghargaan global yang ia terima atas kiprahnya menghadirkan banyak instrumen kebijakan untuk memperkuat perekonomian Indonesia.

Itulah sederet penghargaan internasional yang dikoleksi Sri Mulyani. Tentunya bukan suatu hal yang mudah untuk bisa menyabet semua prestasi itu. Butuh kegigihan dan kejujuran agar hasil kerja yang didapat bisa maksimal. (Annastasya Rizqa/RyV)