MINEWS, JAKARTA –  Pada Senin 16 September 2019, Situs mesin pencari tersebut hari ini bertemakan ilustrasi penyanyi legendaris Indonesia, Chrisye. Ilustrasi itu diangkat untuk memperingati ulang tahun almarhum yang ke-70 tahun pada hari ini.

Suami dari Gusti Firoza Damayanti Noor ini dikenal untuk vokalnya yang halus dan gaya panggung yang kaku. Chrisye pun dianggap salah satu penyanyi Indonesia legendaris.

Sepanjang karier, lima albumnya berhasil masuk dalam daftar jajaran 150 album terbaik Indonesia versi majalah Rolling Stone. Dia menerima dua lifetime achievement award, satu pada tahun 1993 dari BASF Awards dan satu lagi pada tahun 2007 dari stasiun televisi swasta.

Meninggal pada 30 Mare 2017 karena kanker paru-paru, karya Chrisye hingga saat ini masih dikenang oleh banyak orang. Beberapa lagu hits Chrisye pun dibuat ulang dengan versi yang berbeda dan kekinian.

Berikut 8 musisi Indonesia yang pernah mendaur ulang lagu Chrisye:

1. Sherly Sheinafia

Beberapa waktu lalu, penyanyi muda Sherly Sheinafia membuat ulang lagu Chrisye yang berjudul ‘Setia’. Lagu tersebut pernag dipopulerlan Chrisye pada tahun 2001 yang masuk dalam album Tribute untuk Guruh Soekarno Putra.

Lagu Setia yang dibawakan oleh Sheryl ini ber nuansa lebih chic dan kekinian, berbeda dengan aransemen yang dulu dibawakan oleh Chrisye. Meski demikian, lagu ciptaan Guruh yang dia bawakan tidak akan melenceng jauh dari pakem musiknya.

2. Afgan Syahreza

Pada tahun 2010 lalu, penyanyi tampan Afgan Syahreza turut membuat ulang lagu ‘Panah Asmara’ milik Chrisye. Lagu tersebut di aransemen ulang menjadi lebih modern.

Pada gelaran konser Afgan bertajuk ‘Dekade’ pada pertengahan Agustus lalu, lagu ini pun menjadi seolah-olah jadi lagu pamungkas untuk menutup konser perjalan berkarirnya selama 10 tahun.

3. D’Masiv

Grup band D’Masiv juga tak mau ketinggalan dengan membawakan ulang salah satu karya terbaik Chrisye. Rian dan kawan-kawan itu pun mencoba membawakan lagu ‘Pergilah Kasih’ yang sempat populer pada pada 1989

Hingga saat ini lagu tersebut masih sering di putar di radio dan situs streaming musik. Lagu ini sangat populer dikalangan millenial.

4. GAC

Grup musik GAC juga turut mendaur ulang lagu Galih dan Ratna milik Chrisye yang sangat terkenal. Dirilis tahun 1980, lagu yang termasuk dalam album Puspa Indah ini dicover GAC pada 2017 lalu. 

5. D’Cinammons

Selain GAC, D’Cinammons pernah membuat ulang lagu Galih dan Ratna dengan ciri khas mereka.

6. NOAH

Di tahun 2008, band NOAH yang dulunya bernama Peterpan ini mendaur ulang lagu milik Chrisye yang berjudul ‘Kisah Cintaku’. Bukan hanya lagu tersebut saja yang didaur ulang oleh NOAH, ditahun 2012 lalu NOAH juga mengcover lagu Chrisye yang bertajuk ‘Sendiri Lagi’ di album pertama setelah band ini mengganti namanya menjadi NOAH

7. Sandhy Sondoro

Penyanyi Sandhy Sondoro pun ikut mendaur ulang lagu milik Chrisye. Meski memliki karaktar suara yang berbeda, Sandhy berani menyanyikan kembali lagu Chrisye yang berjudul ‘Anak Jalanan’. Lagu yang populer di tahun 1996 ini didaur ulang oleh penyanyi Sandhy pada tahun 2010.

8. Ari Lasso

Ari Lasso didaulat untuk mengisi soundtrack repackage Chrisye bersamaan dengan dibuatnya film ‘Badai Pasti Berlalu’. Pada 1999 lalu, mendiang Chrisye menuai sukses besar saat merilis ulang album ‘Badai Pasti Berlalu’ yang pertama kali muncul pada era 70-an.