MINEWS.ID, JAKARTA – Menghadapi situasi listrik mati dadakan seperti Minggu 4 Agustus 2019 ini memang menyebalkan. Supaya tenang saat listrik tiba-tiba mati apalagi dalam waktu lama ikuti 11 hal berikut di rumah Kamu.

Barang Menyala

Belilah barang-barang yang bisa mengeluarkan cahaya, seperti senter, lilin, glowstick, dan lain sebagainya. Tempatkan barang-barang tersebut di tempat yang mudah diakses.

Stiker Menyala

Tempelkan stiker yang bisa menyala dalam gelap pada lampu senter, sehingga Kamu bisa menemukannya dalam keadaan gelap.

Glowstick

Letakkan glowstick di mesin pembeku. Suhu pada mesin pembeku akan menurunkan waktu reaksi glowstick, sehingga glowstick bisa bertahan 4-5 hari, alih-alih 1-2 hari seperti biasa.

Lilin

Letakkan lilin di wadah yang lebih dalam dari panjang lilin tersebut, sehingga cahaya lilin akan muncul dari pinggir wadah. Dengan cara ini, cahaya lilin akan lebih cerah, dan resiko kebakaran pun berkurang.

Alat P3K

Kamu mungkin mengalami keadaan darurat saat listrik padam, sehingga dianjurkan menyiapkan obat-obatan darurat untuk beberapa hari.

Dalam kotak P3K setidaknya, siapkan plester berbagai ukuran, kain kasa, selotip, gunting, cairan antiseptik seperti hidrogen peroksida, salep antibiotik, dan obat pereda nyeri.

Nomor Telepon PLN

Simpan nomor telepon PLN. Saat pemadaman terjadi, hubungi PLN untuk mengetahui kapan listrik akan menyala kembali.

Radio Engkol

Belilah radio dan senter engkol. Radio dan senter engkol menggunakan pemutar tangan sebagai sumber daya, sehingga keduanya dapat menjadi alternatif cahaya, informasi, dan hiburan saat Anda kehabisan baterai.

Radio akan memberi Anda informasi terkini. Ketahui informasi darurat karena pemerintah mungkin menyiarkan informasi evakuasi atau informasi penting lainnya lewat radio.

Radio juga bisa menjadi hiburan yang baik saat tidak ada lagi hiburan yang menyala. Saat TV dan komputer Anda mati, Anda toh masih bisa menyetel radio.

Pengisi Daya Mobil

Siapkan pengisi daya mobil untuk ponsel. Meskipun listrik mati, Kamu tetap bisa menggunakan mobil sebagai sumber listrik, namun jangan sampai membuat aki mobil mati saat mengisi baterai ponsel. Mobil mogok tentunya lebih parah dari ponsel mati.

Kompor Gas Portabel

Belilah kompor gas untuk berkemah. Jika kompor di rumah Anda mengandalkan listrik, tentunya kompor tidak akan bekerja saat terjadi pemadaman listrik, sehingga Kamu perlu mengandalkan cara lain untuk memasak.

Air Mineral

Isi freezer kulkas dengan botol air. Botol air beku di mesin pembeku bisa digunakan sebagai es batu, dan akan awet lebih lama saat pemadaman listrik. Saat es mencair, Anda bisa meminum air bersih tersebut.

Siapkan Permainan Menarik.

Sebelum orang hidup dengan internet, dan memiliki sumber hiburan, permainan papan atau kartu dapat menjadi cara yang baik untuk tetap merasa optimis saat pemadaman listrik terjadi.

Siapkan beberapa tumpuk kartu. Beberapa permainan kartu memerlukan beberapa tumpuk kartu, dan sering kali, beberapa kartu hilang dari tumpukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here