harimau
Ilustrasi harimau

MINEWS, JAKARTA – Kalian punya rencana liburan ke Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis? Lebih baik jangan dulu deh sekarang, soalnya banyak macan.

Baru-baru ini perangkap kamera di Gunung Sawal menangkap empat ekor macan di gunung tersebut, baru-baru ini.

Dengan tertangkapnya potret empat ekor macan itu, artinya kini populasi macan di Gunung Sawal Ciamis bertambah menjadi sembilan ekor. Sebelumnya, lima ekor macan terekam pada 2016 lalu.

“Empat ekor macan itu antara lain satu ekor macan kumbang dewasa, satu ekor macan tutul dewasa, satu ekor macan tutul jantan remaja, dan satu ekor macan tutul betina remaja. Sekarang diperkirakan ada sembilan ekor. Itu minimal ya,” kata Kepala Bidang Konservasi SDA Wilayah III Ciamis, Himawan Sasongko, Jumat 5 Juli 2019.

Ia mengatakan, kemungkinan populasi macan di Suaka Margasatwa Gunung Sawal bisa lebih dari yang ada saat ini. Pasalnya, masih banyak ada lokasi belum terjangkau kamera yang dipasang BKSDA Wilayah III Ciamis.

Himawan berkata, besar kemungkinan macan di Gunung Sawal terus berkembang biak. Paling tidak, kata dia, ada dua remaja, jantan dan betina yang mendiami kawasan tersebut.

Untuk menjaga kelestarian habitat macan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan sosialisasi ke masyarakat terkait keberadaan macan di kawasan Suaka Margasatwa Gunung Sawal dan hutan di bawahnya.

Ia menambahkan, BKSDA juga melibatkan semua elemen untuk menjaga kelestarian dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Ia menegaskan, jika ada yang melakukan perburuan akan ditindak lanjut aturan yang ada dan diancam dengan hukuman lima tahun penjara.