Vladimir Putin
Vladimir Putin

MINEWS, INTERNASIONAL –┬áPresiden Rusia Vladimir Putin mengejutkan semua orang yang hadir mendengarkan pidatonya di Ankara, Turki pada Selasa 17 September 2019. Pasalnya, Putin mengutip salah satu ayat dalam Alquran sebagai pengingat, bahwa semua pihak harus mengakhiri perang di Yaman.

Putin yang tengah bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani mengutip Surah Ali Imran untuk mengingatkan koalisi Arab Saudi agar menghentikan agresi dan serangan brutal ke Yaman.

“Dan ingat nikmat Allah yang diberikan kepadamu, ketika kamu saling bermusuhan dan Dia menyatukan hatimu dan menjadikan kami, atas kehendak-Nya, bersaudara,” ujar Putin mengutip surah Ali Imran ayat ke-103.

Selain itu, Putin yang tampak melemparkan sindiran keras ke Arab Saudi berkata, bahwa kekerasan hanya sah atau diperbolehkan, jika urusannya adalah untuk membela diri.

Sebelum berpidato, ayat Alquran yang dikutip Putin untuk disampaikan ke muka umum itu sudah disetujui terlebih dahulu oleh Erdogan dan Rouhani.

Kedua pemimpin negara itu juga memperingatkan invasi yang dipimpin Arab Saudi ke Yaman telah mengakibatkan puluhan ribu kematian selama lima tahun terakhir dan menyebabkan krisis kemanusian terburuk saat ini.