Ilustrasi Tindak Pidana
Ilustrasi (Foto: Isimewa)

MINEWS, JAKARTA – Jika kamu ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cari tahu terlebih dahulu aturan-aturan yang berlaku di negara tersebut.

Setiap negara mempunyai peraturan yang berbeda-beda. Ada yang wajar-wajar saja, ada pula yang unik dan nyeleneh.

Aturan tersebut dibuat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan budaya di negara tersebut. Mungkin terkesan aneh, tapi ada baiknya kita sebagai turis menghargai peraturan tersebut.

Penasaran kan, negara apa saja yang memiliki peraturan yang unik? Nih deretan negara beserta aturannya:

1. China

Jika kamu berlibur ke China dan mengunjungi salah satu pantainya, kamu harus berhati-hati dalam bertindak. Karena jika kamu melihat seseorang tenggelam di tengah laut, jangan coba-coba untuk menyelamatkannya.

Menyelamatkan seseorang yang tenggelam adalah tindakan yang illegal di China, karena ada hukum yang merujuk pada eastern philosophy yang mengatakan bahwa menyelamatkan orang tenggelam bisa merusak nasib seseorang.

Simpan dulu niat baikmu ya, karena kamu bisa kena hukuman oleh pihak yang berwajib di China hanya karena menyelamatkan orang yang tenggelam.

2. Jepang

Aturan ini terbilang unik, karena di Negeri Sakura ini, kamu nggak bisa pamer tato yang kamu punya. Orang-orang Jepang mempunyai pandangan negatif tentang tato.

Masyarakat di sana memang kebanyakan tidak memiliki tato, karena adanya stigma buruk yang berhubungan dengan kelompok kriminal dan Yakuza. Nggak ada larangan untuk membuat tato di tubuhmu, tapi jangan dipamerin di tempat umum ya.

Loh, kenapa nggak boleh? Karena untuk mengurangi stigma negatif masyarakat terhadap Yakuza dan kelompok kriminal. Kalau kamu menunjukkan tatomu, bisa-bisa kamu jadi sasaran dari kelompok kriminal.

3. Italia

Mungkin di Indonesia kita jarang bisa memberi makan merpati yang mengerubung di tengah jalan seperti negara-negara Eropa sana. Namun di Italia, meskipun banyak burung merpati, kita tetap tidak boleh memberikan puluhan merpati tersebut, loh.

Hal tersebut dikarenakan kotoran merpati akan tertimbun banyak dan mengotori jalan dan bangunan di Italia. Kalau kamu tetap ngeyel, siap-siap kena denda sebesar USD 50 – USD 600. Duh, uang sebanyak itu, lebih baik digunakan untuk belanja di sana.

4. Australia

Selain aneh, peraturan ini juga ribet. Di Indonesia, merupakan hal yang wajar kalau kita mengganti lampu sendiri di rumah. Tapi di Australia, khususnya di Victoria, tindakan itu dianggap illegal, loh!

Kamu harus punya sertifikat khusus kelistrikan dulu sebelum ganti lampu sendirian. Kalau nggak punya, tindakanmu dianggap illegal dan berujung pada hukuman. Tujuannya baik sih sebenarnya, tapi ribet juga.

5. Florida

Coba bayangkan, gimana rasanya jika di negaramu diberlakukan peraturan tidak boleh kentut di hari tertentu? Percaya atau nggak, di Florida ada aturan tentang kentut, loh!

Tidak diketahui apa dasarnya, tapi di sana ada aturan yang melarang penduduknya untuk kentut di hari Kamis setelah jam 6 sore. Duh, mau kentut aja ada aturannya, ya.

6. Jerman

Kalau kamu lagi travelling menggunakan mobil di Jerman, pastikan bensin kendaraanmu penuh ya! Karena di Jerman, bukannya ditolongin, kamu malah bisa kena denda sebesar 80 Euro kalau mengalami kehabisan bensin di tengah jalan tol.

Di jalan tol Jerman, orang dilarang berhenti kecuali karena keadaan darurat. Nah, orang Jerman menganggap bahwa kehabisan bensin bukanlah situasi darurat dan sesuatu yang bisa dihindari jika kamu isi bensin lebih awal. Hal tersebut juga bisa membahayakan dan merepotkan orang lain.

7. Thailand

Peraturan aneh yang terakhir berasal dari Negeri Gajah Putih. Di Thailand, setiap orang nggak boleh keluar rumah tanpa mengenakan pakaian dalam.

Entah apa alasannya, tapi mungkin demi menjaga kesopanan. Aturan ini cukup aneh, karena untuk urusan pakaian dalam saja harus diatur oleh hukum.

Tapi, cara memeriksa seseorang menggunakan pakaian dalam atau tidaknya, bagaimana ya? (Dinda)