Wajib Tahu, Ini Alasan Pesawat Dominan Berwarna Putih

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, tentu mata tertuju pada warna pesawat yang didominasi oleh warna putih. Meski beberapa pesawat memiliki corak dengan aneka ragam warna, namun umumnya hampir semua jenis pesawat berwarna putih.

Ternyata, ada beberapa alasan seluruh badan pesawat didominasi dengan warna putih. Pertama, mengutip dari Science ABC, warna tersebut dinilai sebagai reflector sinar matahari yang luar biasa dan bisa memantulkan cahaya. Hal ini dinilai menguntungkan khususnya saat diparkir di landasan pacu.

Maka, beberapa pesawat sebaiknya perlu dilapisi dengan warna putih agar menjamin mesin terbang tetap sehat secara struktural.

Kedua, warna putih dinilai membuat segala bentuk kerusakan yang berbentuk retakan mudah untuk terlihat. Hal ini tidak lepas dari warna retakan yang cenderung gelap. Tidak hanya itu, warna putih pada pesawat juga bisa memperjelas tanda korosi dan titik kebocoran oli, karena dapat meninggalkan jejak berwarna gelap.

Ketiga, dengan menggunakan warna ini maka biaya yang dikeluarkan tidak besar. Mengingat biaya mengecat pesawat membutuhkan investasi yang besar baik dari uang dan waktu. Jika, badan pesawat membutuhkan warna yang banyak maka otomatis akan menambah biaya operasional.

Terakhir, warna putih tidak terlihat pudar meski pesawat secara rutin terbang di ketinggian dengan berbagai macam jenis atmosfer.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini