Bacaan Niat Salat Idul Adha dan Tata Cara Pelaksanaannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Umat muslim di Indonesia telah memasuki musim haji yang puncaknya akan dilaksanakan pada 10 Juli 2022. Pada artikel ini akan dibahas mengenai bacaan niat salat idul adha dan tata cara pelaksanaannya.

Lebaran haji atau Idul Adha akan dirayakan dengan salah satunya yaitu menjalankan salat Idul Adha. Salat Sunnah dua rakaat ini dianjurkan dikerjakan dengan tata cara salat yang Idul Adha yang ada.

Berbeda dengan beberapa salat sunnah lainnya, salat Idul Adha dilakukan dengan takbir sejumlah bilangan tertentu.

Agar salat Idul Adha bernilai pahala, berikut tata cara dan niat salat Idul Adha untuk imam, makmum, dan sendirian yang bisa dibaca sebelum memulai sholat Idul Adha.

  1. Niat salat Idul Adha sebagai imam

“Ushalli sunnatan li ‘idil adha rak ‘ataini imaman lillahi ta’alaa.”

Artinya: “Aku niat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat menjadi imam karena Allah Ta’ala.”

  1. Niat salat Idul Adha sebagai makmum

Artinya: “Aku niat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat menjadi makmum karena Allah Ta’ala.”

  1. Niat salat Idul Adha sendirian

“Ushalli sunnatan li ‘idil adha rak ‘ataini lillahi ta’alaa.”

Artinya: “Aku niat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tatacara Salat Idul Adha

  1. Takbiratul Ihram

Setelah membaca doa iftitah, lakukan takbir sebanyak tujuh kali untuk rakaat pertama. Di antara takbir-takbir itu dianjurkan untuk membaca doa berikut ini:

“Allah Mahabesar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Mahasuci Allah, baik waktu pagi dan petang.”

  1. Surat al-Fatihah

Setelah melaksanakan rukun ini, dianjurkan untuk membaca Surat al-A’lâ kemudian lanjut ke ruku’, sujud, duduk di antara dua sujud dan seterusnya hingga berdiri kembali seperti sholat biasa.

  1. Lima kali Takbir

Saat posisi berdiri kembali dari sujud di rakaat kedua, lakukan takbir sebanyak lima kali dengan mengangkat tangan dan melafalkan “allâhu akbar” seperti pada rakaat sebelumnya. Di antara takbir-takbir itu, lafalkan bacaan doa seperti pada poin kedua di atas.

Usai membaca Surat al-Fatihah, pada rakaat kedua dianjurkan untuk membaca Surat al-Ghâsyiyah, kemudian dilanjutkan ke ruku’, sujud, dan gerakan seterusnya hingga salam.

  1. Salam

Setelah selesai melaksanakan solat, jemaah tidak dianjurkan langsung pulang melainkan mendengarkan khutbah Idul Adha.

Demikian niat salat Idul Adha serta tata caranya. Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini