MINEWS, JAKARTA – Raksasa media sosial, Facebook, tak ada habisnya dalam berinovasi di dunia teknologi. Kabar terbaru menyebut Facebook tengah menyiapkan peluncuran mata uang digitalnya di belasan negara pada tahun depan, tepatnya di kuartal pertama 2020.

Menurut laporan BBC, Facebook bahkan serius meluncurkan mata uang yang diberi nama GlobalCoin ini, terbukti dengan upaya-upaya konsultasi yang sudah dilakukan kepada Bank of England sampai Kementerian Keuangan AS.

Mereka juga sedang dalam proses pembicaraan dengan perusahaan pengiriman uang, termasuk Western Union, untuk membicarakan cara yang lebih mudah dan cepat bagi orang-orang yang tidak memiliki rekening bank untuk mengirim dan menerima uang. 

Bukan hanya itu, Facebook pun mulai merapat dan menggoda beberapa e-commerce raksasa agar menjadikan GlobalCoin sebagai metode pembayaran dalam setiap transaksi.

Hebatnya, mata uang digital ala Facebook ini nantinya akan tetap terikat dengan mata uang konvensional besar seperti dolar AS, Euro hingga Yen untuk menjaga stabilitas nominalnya.

Facebook akan menghadapi berbagai tantangan sebelum meluncurkan GlobalCoin, apalagi masalah regulasi di berbagai negara. Contohnya di India, yang disebut menjadi salah satu negara target GlobalCoin, baru-baru ini memperketat aturan mata uang digital.