MINEWS, JAKARTA-Bulan puasa tak terasa sudah memasuki hari ke-20, artinya sudah memasuki 10 malam terakhir di mana umat Muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Untuk mendapatkannya, banyak orang yang rela tidak tidur dengan melakukan itikaf di masjid sepanjang malam. Mengesampingkan rasa kantuk demi beribadah secara maksimal.

Nah, agar kuat melek sepanjang malam tanpa rasa ngantuk melanda, berikut tips yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Penuhi waktu tidur di minggu sebelumnya

Akan mudah untuk terjaga sepanjang malam selama 10 hari terakhir Ramadan jika tidak memiliki hutang tidur sebelumnya. Mengoptimalkan waktu tidur pada minggu sebelumnya bisa membantu seseorang untuk kuat melek pada malam-malam terakhir bulan Ramadan.

2. Tidur siang

Tidur saat puasa disebut-sebut sebagai ibadah. Tidur siang saat puasa juga bermanfaat untuk mengisi ulang energi tubuh supaya kuat melek saat beritikaf di malam hari. Tidur siang antara 20-30 menit dapat membersihkan zat kimia di otak yang berkontribusi pada rasa kantuk.

3. Minum kopi

Kafein atau kopi bisa membantu seseorang terjaga dari rasa kantuk. Kafein membantu memblokir reseptor untuk hormon adenosin, yaitu hormon yang merangsang seseorang mengantuk. Efek kafein dapat berlangsung 4-6 jam, atau bahkan bisa lebih lama pada orang yang sensitif.

4. Ngemil

Jangan takut gemuk, ngemil pada malam hari terbukti bisa membantu menjaga mata tetap melek. Penelitian menunjukkan bahwa pelepasan insulin bisa membantu tidur lebih larut.

5. Di tempat terang

Itikaf di masjid sungguh membantu seseorang kuat begadang. Masjid dengan penerangan yang cukup terang membuat otak mengatur waktu tidur dan kesadaran tubuh terhadap pola-pola alami cahaya. Maka dari itu, jika ingin kuat melek di 10 malam terakhir bulan Ramadan, tinggallah di tempat yang terang.

6. Bergerak

Biasanya sepanjang malam dihiasi oleh membaca Al-Quran dan sholat malam. Gerakan dalam sholat dapat membantu kita terjaga dari rasa kantuk lho. Saat tadarus Al-Quran, upayakan untuk istirahat sejenak. Itu penting untuk mengistirahatkan mata agar tidak cepat lelah, dan bergeraklah agar tidak merasa mengantuk.