Gerbang depan Seskoal yang terletak di Cipulir, Jakarta Selatan (seskoal.tnial.mil.id)

MINEWS, JAKARTA – Mungkin anak muda masa kini tak banyak tahu soal Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal). Namun, lembaga yang genap berusia 57 tahun pada 26 November 2019 ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Lantaran Seskoal banyak melahirkan laksamana-laksamana TNI AL dalam dunia militer Indonesia. Lantas bagaimana sejarah terbentuknya sekolah perwira AL ini?

Didirikan Sebagai Wadah Mencetak Sosok Prajurit TNI AL Berkualitas
Awal kemunculan Seskoal dilatarbelakangi oleh keinginan Indonesia untuk memiliki Angkatan Laut (AL) yang besar, diperhitungkan dan disegani baik lawan maupun kawan serta mampu menegakkan kedaulatan dan keamanan di laut.

Maka pada tanggal 26 Nopember 1962, Seskoal pun lahir. Kelahirannya disahkan dalam Surat Keputusan Menteri/KSAL Laksamana TNI R. E. Martadinata pada tanggal 26 Nopember 1962 Nomor : 5401.52.

Gedung Yos Sudarso di kompleks Seskoal Cipulir (seskoal.tnial.mil.id)

Sejak berdirinya sampai sekarang, letak Seskoal tetap berada di Cipulir, Jakarta Selatan. Seskoal menjadi Badan Pelaksana Pusat TNI AL yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf TNI AL dengan unsur pimpinan terdapat Komandan Seskoal (Danseskoal) dan Wakil Komandan Seskoal (Wadan Seskoal). Sekolah ini memiliki Motto, “Hari Ini Harus Labih Baik Dari Hari Kemarin Dan Hari Esok Harus Lebih Baik Daripada Hari Ini”.

Dengan demikian, tujuan pendidikan Seskoal adalah mendidik, membekali dan memantapkan Perwira Menengah (Pamen) TNI/TNI AL agar berjiwa prajurit pejuang sesuai Sapta Marga TNI, memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut.

Banyak Ilmu dan Keterampilan Yang Disediakan

Di Seskoal inilah, para perwira yang berstatus siswa ditempa untuk menjadi cedekia pertahanan negara matra laut level strategi. Kegiatan belajarnya meliputi pelajaran di kelas, diskusi maupun praktek yang menyangkut bidang studi Kejuangan, Strategi, Manajemen, Logistik, Operasi, Komunikasi Sosial serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menyangkut masalah-masalah penting mutakhir, kertas karya perorangan (Taskap) dan analisis.

Gedung Perpustakaan Seskoal (seskoal.tnial.mil.id)

Kemudian terdapat beberapa kegiatan puncak seperti Latihan Sistem Perencanaan dan Strategi, Latihan Pengambilan Keputusan Keamanan Laut, Forum Strategi, Seminar Strategi, Seminar Lagistik, Penyajian Taskap, Program Kegiatan Bersama Operasi Gabungan dan Program Kegiatan Bersama Kejuangan.

Fasilitasnya Lengkap

Fasilitas belajar di Kampus Seskoal meliputi ruangan kelas dan ruang diskusi, fasilitas olah yudha dan perpustakaan, selain itu terdapat fasilitas lainnya seperti messing untuk pemondokan para Perwira Siswa, rumah sakit, fasilitas olah raga, seperti ruang fitness, lapangan tennis, tenis meja, basket, bola voli, golf dan lainnya temasuk fasilitas untuk beribadat sesuai agamanya masing-masing. Semua fasilitas yang ada ini diarahkan untuk mendukung kelancaran dan kebutuhan para Perwira Siswa yang sedang menuntut ilmu di Seskoal.

Ruangan makan Seskoal (seskoal.tnial.mil.id)

Berganti Pimpinan 37 Kali dan Sudah Luluskan 4.318 Perwira

Sejak berdirinya dari tahun 1962 sampai dengan tahun 2018 Seskoal telah mengalami pergantian Pimpinan sebanyak 37 kali. Yang pertama kali memimpin adalah Komodor Laut O. B. Syaaf. Saat ini pemegang Tongkat Komando Seskoal adalah Laksamana Muda TNI Dr.Amarulla Octavian,S.T.,M.Sc.,D.E.S.D.

Terhitung sejak tahun 1962 sampai tahun 2018, Seskoal telah menghasilkan alumni dari Pendidikan Reguler sejumlah 4.318 orang perwira. Di mana dari dari Korps Pelaut 1.380, Korps Teknik 636, Korps Elektronika 433, Korps Suplai 438, Korps Marinir 635, Korps Kesehatan 120, Korps Khusus 150, Korps Polisi Militer 23, TNI Angkatan Darat 93, TNI Angkatan Udara 98, Polri 67 orang.

Sementara untuk alumni Sekolah Staf dan Fungsional Seskoal sebanyak 275 orang perwira. Tak hanya itu, ternyata ada juga lulusan yang berasal dari mancanegara dan jumlahnya mencapai 220 orang. Mereka berasal dari Australia, Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Filipina, Korea, Jepang, Papua Nugini, Brunai Darussalam, India, Pakistan, Thailand, Ghana, New Zeland dan Chili. Salah satu alumni Seskoal angkatan ke-33 tahun 1996 dari Filipina bernama Laksamana Rogelio Calunsag. Ia saat ini telah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut Filipina.

Mess Prajurit dari luar negeri yang ikut menimba ilmu di Seskoal (seskoal.tnial.mil.id)

Semoga ke depan Seskoal lebih maju dan jaya, kini, esok dan selamanya mengiringi setiap panggilan tugas dalam mendharmabaktikan diri kepada bangsa dan negara NKRI tercinta. Kibarkan terus bendara kewajiban. DharmaWiratama.