Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (foto: istimewa)

MINEWS, JAKARTA – Anies Baswedan tengah menjadi sorotan, usai ditemukannya anggaran tak wajar untuk pengadaan lem Aibon senilai Rp 82 miliar dalam perencanaan anggaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta, yang diungkap oleh salah satu anggota DPRD DKI dari PSI.

Lem Aibon viral, Anies Baswedan lagi-lagi dapat julukan baru dari netizen. Setelah lama menyandang julukan Wan Abud, kini Anies dijuluki Wan Aibon.

Tapi, selama ini, netizen suka berulah kepada Anies. Berbagai macam julukan dilekatkan pada Gubernur DKI Jakarta ini. Berikut, 5 julukan ala netizen untuk Anies:

1. Wan Abud

Tahu nggak darimana asal julukan Wan Abud ini? Nah, ternyata Wan Abud adalah nama salah satu tokoh sinetron era 90-an yang diperankan oleh Fuad Alkhar yang khas dengan celetukannya ‘ente bahlul’. Wan adalah panggilan kehormatan untuk keturunan Arab-Melayu. Kata netizen, ada kemiripan antara Wan Abud dengan Anies Baswedan, makanya dijuluki demikian.

2. Gabener

Ya, ini julukan sudah pasti berasal dari netizen-netizen anti Anies, entah mereka masih sakit hati karena kalahnya Ahok pada Pilgub DKI 2017 lalu, atau karena iseng doang. Pastinya, julukan ‘Gabener’ ini adalah plesetan dari ‘gubernur’.

3. Wan Bambu

Julukan ini muncul setelah Anies memutuskan untuk membongkar instalasi seni Bambu Getah Getih di Jalan Thamrin, Bundaran HI, yang harganya Rp 550 juta. Banyak netizen merasa selama ini bambu itu tidak berguna dan hanya membuang-buang anggaran. Parahnya baru berusia 11 bulan, bambu mahal itu malah dibongkar oleh Anies. Makanya, muncul julukan Wan Bambu untuk Anies.

4. Gubernur Rasa Presiden

Ini beda lagi. Julukan ini berasal dari mereka para pendukung Anies Baswedan, yang merasa si gubernur lebih banyak bekerja membangun ibu kota dibanding Presiden Joko Widodo.

5. Wan Aibon

Terbaru, Anies mendapat julukan Wan Aibon. Gara-garanya, ditemukan alokasi Rp 84 miliar dalam perencanaan anggaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk pengadaan lem Aibon yang tak jelas peruntukannya, baru-baru ini. Akibat itu, Anies mendapat julukan Wan Aibon.