Filippo Inzaghi
Filippo Inzaghi

MINEWS, INTERNASIONAL –¬†AC Milan baru saja mengumumkan bahwa mereka telah memutus kerja sama alias memecat Marco Giampaolo dari kursi kepelatihan, menyusul sederet hasil buruk yang diterima Rossoneri di awal musim 2019/2020 ini.

Milan menelan empat kekalahan dalam tujuh pertandingan di Serie A. Hal itu membuat manajemen klub marah besar, dan menjadikan Giampaolo sebagai pelatih kedelapan yang dipecat Milan hanya dalam kurun waktu 5 tahun saja.

Siapa saja nama-nama 8 pelatih yang dipecat Milan dari kursi panas pelatih? Berikut daftarnya.

1. Massimiliano Allegri

Pada pertengahan musim 2013/2014, AC Milan secara mengejutkan memecat Massimiliano Allegri. Manajemen klub tak dapat menerima kenyataan, Milan hanya menang 5 kali saja sejak awal musim bergulir.

2. Clerence Seedorf

Belum lama pensiun sebagai pemain AC Milan, Seedorf kembali lagi ke San Siro, namun sebagai pelatih menggantikan Allegri. Sayangnya, di penghujung musim, Seedorf hanya mampu membuat Milan berada di posisi 8 klasemen. Manajemen klub segera memutus kontraknya.

3. Filippo Inzaghi

Mahsyur namanya sebagai salah satu pemain paling ‘membunuh’ sepanjang sejarah AC Milan, ternyata nasib berbalik lain saat Inzaghi mengemban amanah sebagai pelatih di musim 2014/2015. Milan berada di posisi 10 klasemen akhir, Inzaghi akhirnya dipecat.

4. Sinisa Mihajlovic

Nasibnya tak jauh beda dengan Seedorf ataupun Inzaghi. Sinisa Mihajlovic juga dipecat dari kursi kepelatihan pada April 2016.

5. Christian Brocchi

Setelah Mihajlovic, masih di tahun 2016, Milan mengangkat Christian Brocchi sebagai pelatih. Tapi sayangnya, Brochhi hanya mampu membuat Milan menang dalam 7 pertandingan, ia akhirnya dipecat.

6. Vincenzo Montella

Eks pemain yang terkenal dengan julukan ‘Si Pesawat Terbang’ itu memegang estafet kepelatihan Milan selanjutnya. Naik turun performa klub tak dapat menyelamatkan Montella. Ia dipecat pada November 2017.

7. Gennaro Gattuso

Rino alias Si Badak, begitu julukan Gattuso saat namanya diagung-agungkan ketika ia masih sebagai pemain. Tapi, sebagai pelatih, Si Badak justru loyo. Ia tak dapat berbuat banyak untuk mengangkat kejayaan AC Milan. Selama satu musim menukangi Il Diavolo Rosso, Gattuso akhirnya dipecat.

8. Marco Giampaolo 

Eks pelatih Sampdoria ini juga senasib dengan 7 nama sebelumnya. Sejak kedatangannya di awal musim 2019/2020 ini, sudah banyak pihak yang meragukan racikan Giampaolo. Terbukti, Milan babak belur di awal musim, dan terjerumus di posisi 16 pekan lalu. Giampaolo akhirnya dipecat.