gejala anemia
gejala anemia

MINEWS, JAKARTA-Anemia atau gejala kekurangan darah merupakan masalah kesehatan yang pernah dialami banyak orang. Akan tetapi kalau anemia tidak diatasi dengan baik tentu akan menjadi masalah serius. Pasalnya, sel darah merah di dalam tubuh berfungsi untuk menghantarkan oksigen dan zat gizi ke otak.

Ada beberapa zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah yaitu zat besi, asam folat, vitamin B12 dan vitamin A. Selain mengonsumsi protein hewani dan sayuran, buah-buahan juga banyak yang mengandung zat gizi yang bisa menambah darah, terutama untuk wanita hamil dan ketika haid.

Berikut ini beberapa buah penambah darah yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk mencegah anemia, di antaranya:

  1. Jeruk

Jeruk jadi buah penambah darah rendah yang tinggi akan vitamin C dan asam folat. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Selain bisa membantu penyerapan zat besi, jeruk juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang bisa mencegah kulit menjadi kusam, keriput, dan cepat mengalami penuaan.

  1. Anggur

Anggur juga mengandung antioksidan dan asam folat. Ada 21 mcg asam folat per gelasnya. Anggur juga mengandung vitamin A yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Anggur enak dinikmati sebagai campuran jus atau pun salad.

  1. Stroberi

Buah berwarna merah dengan sensasi rasa asam manis juga dikenal tinggi akan vitamin C. Stroberi juga tinggi kandungan antioksidan sehingga dapat membantu memproduksi sel darah merah. Antioksidan bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

  1. Semangka

Semangka memiliki 92 persen kandungan air untuk mencegah dehidrasi. Buah semangka juga mengandung serat yang bisa membantu lancarkan pencernaan. Semangka juga mengandung vitamin C yang bisa membantu memudahkan penyerapan zat besi.

  1. Delima

Buah delima atau pomegranate bisa jadi salah satu pilihan buah untuk penambah darah. Buah delima mengandung zat besi dan juga beberapa vitamin seperti vitamin C, E dan A.

  1. Kurma

Kurma mengandung antioksidan yang memiliki manfaat kesehatan. Antioksidan dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas. Dalam buah kurma terkandung zat besi yang dapat meningkatkan kadar haemoglobin di dalam darah sehingga bisa mengatasi anemia.

  1. Jambu Biji

Buah jambu biji terbukti memiliki kandungan zat besi yang tinggi karena menjadi obat yang ampuh untuk penderita demam berdarah dengue. Akan tetapi, lebih disarankan untuk mengonsumsi jambu biji berwarna merah karena kandungan vitamin C yang lebih tinggi sehingga bisa menjadi penambah darah.