Calon jamaah haji tertua asal Kabupaten Deli Serdang Bubi Bin Abdullah (91) didampingi putrinya Siti Jamilah (62) di Asrama Haji Medan, Minggu (28/7). (Antara Sumut/Foto Munawar)
Calon jamaah haji tertua asal Kabupaten Deli Serdang Bubi Bin Abdullah (91) didampingi putrinya Siti Jamilah (62) di Asrama Haji Medan, Minggu (28/7). (Antara Sumut/Foto Munawar)

MINEWS, DELI SERDANG – Alangkah bahagianya Bubi Bin Abdullah di tahun 2019 ini. Pejuang Veteran 45 ini akhirnya bisa menunaikan ibadah haji bersama kelompok terbang 16 Embarkasi Medan.

Tak mudah bagi Bubi untuk memenuhi panggilan ibadah haji kali ini. Dia harus rajin menabung dan bersabar menunggu hampir tiga tahun agar bisa berangkat haji ke Tanah Suci.

“Saya senang bisa ikut melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah,” kata Bubi, usai pemberangkatan sebanyak 393 jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 16 di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Minggu 28 Juli 2019.

Semasa mudanya, Bubi mempertahankan dan merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah kolonial Belanda. Niatnya yang kuat menunaikan ibadah haji tahun 2019 ini, karena dia pernah bermimpi dan seolah-olah sudah berada di Mekkah.

Sehubungan dengan itu, maka dia pada 2016 mendaftar calon haji ke Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Kabupaten Deli Serdang.

Ia bersama 392 jamaah calon haji Kloter 16 Embarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara lainnya yang berangkat ke Mekkah melalui Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Minggu pukul 18.30 WIB.

Dari 393 jamaah calon haji itu, sebanyak 380 orang dari Kabupaten Deli Serdang, 3 orang dari Kabupaten Serdang Bedagai, 2 orang dari Kota Medan, dan 1 orang dari Kota Binjai.

Pimpinan Kloter 16 Embarkasi Medan adalah Ansoruddin Saidin Nasution Bin Saidin Nasution. Data di Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, warga Sumatera Utara yang berangkat menunaikan ibadah haji pada 2019 sebanyak 8.641 orang.