Ilustrasi

MINEWS, JAKARTA – Kamu pasti nggak nyaman kan kalo merasa mulutmu berbau azab? Ya, kamu saja nggak nyaman, apalagi orang lain yang menciumnya, bisa pingsan.

Meski sudah sikat gigi, terkadang bau mulut mudah datang kembali. Akibatnya, kamu mungkin jadi malas berkomunikasi dengan orang lain karena malu.

Tapi, tahukah kalian apa yang membuat bau mulut mudah muncul?

Ternyata, halitosis atau bau mulut itu disebabkan bakteri anaerob yang berada di permukaan lidah dan tenggorokan, yang jarang tersentuh sikat gigi.

Mengutip Boldsky, bakter ini membuat senyata sulfur yang baru saat bersinggungan dengan protein makanan yang kamu konsumsi setiap hari.

Senyawa-senyawa sulfur ini kemudian dibawa ke paru-paru dan dikeluarkan melalui napas sehingga terjadi bau mulut. Munculnya bau mulut atau halistosis ini bisa disebabkan makanan yang kemudian berubah menjadi mikroorganisme dan menimbulkan bau mulut.

Di seluruh dunia, jutaan orang mengalami masalah halitosis, terutama bagi mereka yang doyan mengkonsumsi makanan seperti bawang putih atau kubis.

Selain itu, faktor malas membersihkan mulut juga menjadi sebab utama bau malapetaka itu muncul dan menjangkit banyak orang.

Penelitian ini juga mengatakan bahwa ada penyebab lain dari munculnya bau mulut seperti kekurangan vitamin B atau seng, diet, maupun puasa.