Presiden Jokowi menerima Presiden ADB Takehiko Nakao. (Foto: Dindha M/Humas/setkab.go.id)

MINEWS.ID, JAKARTA – Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Takehiko Nakao mengagumi agenda reformasi Pemerintahan Jokowi sebagai hal penting untuk mencapai pertumbuhan yang inklusif dan terjaga, serta penyebaran kesejahteraan.

“ADB sangat menghargai rancana Presiden Widodo yang fokus pada pembangunan ‘human capital’ dan penguatan infrastruktur seperti penyediaan air, energi dan transportasi,” kata Nakao yang dikutip Senin 24 Juni 2019.

Nakao juga menegaskan pengembangan skill angkatan kerja Indonesia dengan sistem perlindungan sosial yang memadai merupakan hal vital untuk mengembangkan Indonesia menjadi negara yang semakin modern dan berorientasi kepada pelayanan publik.

Nakao semakin yakin Indonesia mampu mewujudkan hal tersebut karena indikator ekonomi kita juga dinilai baik.

Pengelolaan ekonomi makro dan kehati-hatian fiskal dinilai sangat baik. Fundamental ekonomi kita juga sangat baik dan solid.

Hal itu terlihat dari tingkat pertumbuhan PDB yang kuat yaitu 5,2 persen pada 2018; angka inflasi yang dikelola di angka 3,2 persen; manajemen fiskal yang berhati-hati, dan simpanan dolar yang sangat sehat.

Nakao juga mengakui nilai tukar rupiah saat ini jauh lebih baik dan stabil sejak kejatuhannya pada 2018.