Ilustrasi

MINEWS, JAKARTA – Sebuah fenomena alam menakjubkan bakal terjadi Rabu besok, 17 Juli 2019. Yakni, gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian.

Dalam peristiwa itu, wajah Bulan akan memasuki bayangan umbra Bumi. Sehingga menyebabkan sekitar 65 persen wajah Bulan akan terlihat merah seperti darah. Karena inilah, peristiwa gerhana bulan sering juga disebut Blood Moon atau Bulan Berdarah.

Nah, fenomena ini bisa kamu saksikan besok gaes. Namun, jika ingin mengamati peristiwa gerhana bulan parsial, coba lakukan beberapa tips berikut.

Ketahui Waktu Terjadinya

Sebelum mengamati, ketahi dulu gaes waktu terjadinya. Gerhana bulan parsial akan terjadi pada 17 Juli dini hari mulai pukul 03.01 WIB sampai 05.59 WIB. Puncaknya bakal terjadi di pukul 04.30 WIB.

Amati di Tempat Terbuka

Jika ingin bisa menyaksikan fenomena ini secara jelas, amatilah di tempat yang terbuka. Jika tidak, bisa saja pandanganmu terhalang gedung-gedung atau pepohonan.

Lokasi Terbaiknya di Indonesia Bagian Barat

Peristiwa gerhana bulan parsial akan sangat jelas terlihat dari langit barat. Jadi, beruntung banget deh kamu yang tinggal di bagian barat Indonesia.

Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

Gerhana bulan parsial bisa dilihat dengan mata telanjang gaes. Jadi gak perlu khawatir. Kalau gak punya teleskop, tetap bisa kok mengamatinya.