Gaya Lempar Jumroh
Gaya Lempar Jumrah

MINEWS.ID, JAKARTA – Salah satu rukun berhaji adalah melakukan lontar jumrah yang dilakukan Senin 12 Agustus 2019 Waktu Arab Saudi. Namun ada yang menarik perhatian Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dari calon haji pelempar jumrah karena gayanya yang unik dan bikin ngakak.

Tidak diketahui dari mana pelempar yang videonya dikomentari Menteri Agama tersebut. Tetapi sepintas bukan dari Indonesia.

Calon haji itu yang sepertinya sudah cukup berumur itu melakukan lemparan dengan semangat dan dari belakang jemaah calon haji lainnya.

Akibatnya beberapa orang yang di depan dia terpaksa harus berhati-hati jika tidak ingin terkena lemparan kerikil tersebut.

“Adakah jemaah kita yg mampu menandingi gayanya melontar jumrah? 😅,” begitu ujar Menteri Lukman menanggapi aksi tersebut Selasa 13 Agustus 2019.

Lempar jumrah atau ramy al jumrah dilakukan calon haji sebagai simbol melempar setan yang dijelmakan dalam tiga bagian, yaitu jumrah ula (pertama) atau jumrah sughra, jumrah wustha (tengah), dan jumrah ‘aqabah (terakhir).

Kegiatan lontar jumrah lebih baik dilakukan pada waktu setelah lewat tengah hari atau ba’da zawal. Terkadang, pelaksanaannya membuat nyawa seseorang terancam bahkan meninggal akibat desak-desakan, karena banyaknya gelombang manusia yang ingin melontar jumrah.