xanana jenguk habibie
Suasana Xanana jenguk BJ Habibie. (twitter @KatolikG)

MINEWS.ID, JAKARTA – Semua sudah mengetahui saat almarhum BJ Habibie menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) Timor Timur lepas dari Negara Kesatuan RI (NKRI), namun hubungan persahabatannya tokoh Loro Sae, Xanana Gusmao ternyata tetap abadi seperti terungkap pada video yang viral beberapa jam lalu.

Video sekitar 18 detik yang diunggah di akun @KatolikG menggambarkan betapa dekatnya hubungan mereka.

Isi video tersebut menggambarkan Habibie yang sedang tidur di ranjang rumah sakit dan mendapat kunjungan Xanana.

Saat tiba di samping ranjang tempat Habibie dirawat, Xanana mendekatinya serta menyium kening Bapak Teknologi Indonesia tersebut.

Seketika itu juga tangan Habibie meraih kepala Xanana serta mendekapnya di dada sambil mengusap kepala Xanana. Wajah Habibie pun terlihat menangis haru.

Tayangan itu ternyata mengusik perasaan kemanusiaan setiap netizen yang melihatnya. Bagaimana tidak? Lebih dari 20 tahun lalu mereka berdiri berhadap-hadapan sebagai musuh, tetapi saat itu tampak seperti seorang sahabat karib.

Admin akun @KatolikG pun menambahkan caption, “Xanana Gusmao saat menjenguk BJ Habibie… Penuh haru dan penuh rasa kemanusiaan… Tisu mana tisu…” cuit @KatolikG.

Tidak diketahui pasti lokasi dan waktu video tersebut diambil. Namun banyak yang menduga gambar tersebut diambil pada September 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Sebelum video tersebut, foto karangan bunga dari Xanana Gusmao juga telah tersebar di media sosial.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here