Area 51
Penggemar Alien mulai menyerbu Area 51 (AP)

MINEWS.ID, DALLAS –  Area 51, lokasi yang diduga menjadi tempat penyimpanan alien (mahluk asing dari luar angkasa) mulai diserbu para penggemar alien.

Meskipun berulang kali ada peringatan dari pejabat penegak hukum dan Angkatan Udara AS, namun orang-orang tak peduli dan mulai mendatangi dua kota gurun kecil di negara bagian Nevada AS.

Laporan media lokal mengatakan orang-orang dengan trailer dan truk sudah mulai mendirikan kemah dekat Rachel dan Hiko, Nevada.  Reuters melaporkan ada 2.300 orang berdatangan ke wilayah tersebut. ”Sejauh ini, berlangsung dengan cukup baik,” kata Sherriff Kerry Lee.

Seorang pengunjung ditangkap dan satu lagi sempat ditahan, karena dicurigai masuk ke area terlarang. Dua orang lainnya ditangkap karena alasan lain, sehingga total ada 3 orang yang masih berada dalam penjara.

Sampai sekarang, pengunjung terus mengalir. Menariknya, banyak orang yang memakai kostum aneh bertema alien.  Seorang wanita muda sempat mendekati pagar pelindung Area 51 dan ditahan, kemudian dilepaskan lagi. Aparat keamanan menjaga area ini dengan ketat.

Area 51 berada sekitar 19 kilometer dari kota kecil Rachel. Beberapa penduduk kota itu sudah menyarankan agar orang tidak datang ke sana karena khawatir jika terjadi kekacauan.

Ed Callahan, salah satu pengunjung dari California menilai di lokasi ini suasananya menyenangkan. “Bukan hal liar atau besar. Memang jangan sampai 40 ribu orang. Jika ada beberapa lagi yang datang akan baik-baik saja,” ujarnya.

Connie West, pemilik motel Little A’le’Inn sempat mengutarakan kecemasannya soal penyerbuan di Area 51.  Penginapannya memang tak jauh dari lokasi ini. Beruntung hingga saat ini tak kekacauan atau keributan dari para pendatang.

Penyerbuan area ini diawali unggahan seorang mahasiswa, Matty Roberts di Facebook yang mengundang orang menerobos ke lokasi misterius pada 20 September, pukul 03.00 pagi. ”Kalau kita lari dengan gaya Naruto, kita bisa bergerak lebih cepat daripada peluru mereka,” kata Roberts yang merujuk pada karakter komik Jepang yang dikenal berlari dengan tangan terbentang ke belakang dan kepalanya ke depan.

Seruan Roberts ini sebenarnya iseng saja. Kepada Los Angeles Times, Robert mengatakan “Saya memicu sebuah gerakan ketika saya dilanda kebosanan pada pukul 2.00 pagi.”

Idenya disambut luas. Lebih dari 2,1 juta orang di halaman Facebook itu mengatakan berencana untuk hadir.

Roberts sejak itu menarik diri dari acara itu. Alasannya, dia khawatir dengan keselamatan umum karena kedua kota itu tidak dilengkapi infrastruktur untuk mendukung puluhan ribu, atau mungkin lebih pengunjung.

Menurut Angkatan Udara AS, area 51 adalah bagian dari area uji dan pelatihan senjata di Nevada yang luas yang menyediakan “ruang pertempuran fleksibel, realistis, dan multidimensi” untuk pengujian dan “pelatihan canggih untuk mendukung kepentingan nasional AS.”

Lokasi Ini telah menjadi bahan teori konspirasi yang mengatakan militer AS menyimpan alien dan UFO di sana.

Setelah berpuluh-puluh tahun pejabat pemerintah menolak mengakui keberadaan Area 51. CIA pada 2013 merilis dokumen yang merujuk pada instalasi seluas 20.700 kilometer persegi dengan nama dan lokasinya di sebuah peta di dekat dataran kering Groom Lake. (AP)