MINEWS, JAKARTA – Banyak yang bertanya-tanya, apakah benar Lembaga Pemasyarakatan (LP) Wanita di Tangerang pernah menjadi kamp konsentrasi Yahudi? Pertanyaan itu lantas dijawab dua situs; anne-ruthwertheim.com dan robcassuto.com.

Dalam situs milik Anne-Ruth Wertheim, tampak beberapa lukisan gerbang kamp, menara bambu tempat penjaga menaruh senapan mesin, dan suasana di dalam penjara.

Sementara di situs Keluarga Cassuto dan Van Zuiden terdapat kartu identitas tahanan yang dikeluarkan Jepang, atas nama B. Van Zuiden-van Praag. Bahkan tampak foto-foto kenangan saat keduanya masih kecil.

Ketika itu, Anne-Ruth menampilkan foto saat dirinya berusia dua tahun dan sedang dimandikan seorang wanita pribumi yang bekerja di rumahnya. Cassuto menampilkan foto-foto keluarganya.

Lukisan tersebut jelas mirip seperti pintu masuk LP Wanita di Tangerang. Ternyata benar, Anne-Ruth sempat mengunjungi kembali kamp konsentrasi itu tahun 2010.

“Kini kamp itu menjadi penjara wanita. Di sel yang pernah saya tempati, saya berbicara dengan wanita pengedar narkoba yang menjalani masa hukuman,” kata Anne seperti dikutip dari situsnya.