MINEWS, JAKARTA-Badan terasa lemas saat berpuasa, merupakan hal yang wajar. Karena tubuh kita yang biasanya mengkonsumsi makan dan minum setiap saat, ini hanya dua kali sahur dan buka. Sedangkan aktivitas sehari-hari tidak dibatasi.

Namun, disamping itu semua, puasa juga memberikan manfaat untuk kesehatan Anda. Puasa diyakini dapat mendetoksifikasi tubuh karena perut dan lambung yang sepenuhnya bekerja terus menerus dapat beristirahat.

Nah, untuk mengatasi rasa lemas tubuh, coba lakukan empat hal berikut ini:

1. Cukup minum

Dehidrasi merupakan salah satu faktor penyebab rasa lemas pada tubuh. Pastikan kebutuhan minum Anda terpenuhi dengan mencoba 2-4-2. Yang dimaksud dengan 2-4-2 yakni dua gelas saat berbuka, Empat gelas selama semalam dan dua gelas saat sahur.

Cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau minuman bersoda selama puasa. Mengonsumsi kafein 3-6 jam sebelum tidur dapat membuat Anda menjadi sulit tidur dan cenderung terjaga di tengah malam. Akibatnya, energi berkurang saat siang hari.

2. Memperhatikan asupan makanan

Tidak mengonsumsi makanan selama beberapa jam bukan berarti Anda bisa bebas mengonsumsi makanan dengan jumlah banyak saat berbuka puasa. Terlebih apabila makanan tersebut berbahan dasar tepung dan tinggi akan gula, akibatnya dapat membuat Anda merasa cepat lelah.

Konsumsilah makanan segar seperti sayuran dan buah-buahan secara teratur. Buah potong, salad dan telur rebus, serta cokelat hitam batangan tanpa susu juga bisa dijadikan pilihan sebagai camilan sehat.

3. Olahraga

Tidak hanya meningkatkan kualitas tidur, berolahraga juga dapat membuat tubuh Anda jadi lebih bertenaga saat beraktivitas untuk waktu yang lama. Untuk menjaga kebugaran tubuh, Anda dapat berolahraga sebanyak dua setengah jam dalam waktu seminggu.

Namun jika terasa berat dan tidak terbiasa berolahraga, Anda dapat memulai dengan latihan kecil yakni dengan berjalan kaki selama 10 menit sehari. Jangan lupa untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan tubuh Anda dan Anda sukai agar tidak mudah bosan saat menjalaninya.

4. Jangan ubah jam tidur

Istirahat yang cukup menjadi kunci agar kita dapat terus beraktivitas dalam waktu yang lama. Biasakan untuk bangun atau tidur di waktu yang sama setiap hari agar jam biologis lebih terjadwal.

Kualitas tidur yang baik juga bisa didapatkan melalui mandi dengan air hangat, tidak makan dua jam sebelum tidur, tidak mengonsumsi kafein, nikotin atau alkohol.