MINEWS.ID, JAKARTA – Salah satu yang dirasakan orang sedang berpuasa adalah lemas karena kekurangan energi saat berpuasa hingga 13,5 jam. Berikut ini ada tips yang bisa mengurangi risiko itu.

Pentingnya Vitamin C
Mengonsumsi vitamin C dapat menjadi pilihan paling sederhana untuk menjaga kondisi tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Vitamin ini dapat meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh sehingga dapat mengurangi resiko sakit ketika berpuasa. Maka lengkapilah menu sahur dan berbuka Kamu dengan vitamin ini agar tubuh tidak gampang lemas.

Bagi wanita, jumlah vitamin C yang direkomendasikan adalah 75 miligram. Sementara itu, untuk lelaki 90 miligram. Vitamin C dapat ditemukan dalam asupan buah-buahan atau sayur untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian saat puasa. Anda juga bisa menyempurnakannya dengan suplemen vitamin C.

Menu Sahur dan Berbuka
Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini lebih tahan lama dalam membuat gula darah stabil, sehingga baik untuk tubuh.

Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah. Selain membersihkan usus, serat adalah “sapu alami” yang membantu membersihkan sisa daging di sela-sela usus.

Lemak Sehat
Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, lemak jenis ini membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Untuk berbuka, hindari makanan berat yang dapat membuat perut tidak nyaman. Batalkan puasa Anda dengan minuman sehat yang mengandung gula alami seperti jus buah atau berbukalah dengan teh yang mengandung gula rendah kalori.

Pentingnya Asupan Vitamin
Selain vitamin C, Kamu bisa memilih multivitamin yang bisa membantu membuat tubuh tetap bugar dan sehat ketika berpuasa.