MINEWS, JAKARTA – Sungguh aneh sikap Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto ini. Mereka bersama koalisi Adil Makmur menolak hasil Pemilu 2019, tapi masih ingin calegnya tetap melenggang ke parlemen.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPP Gerindra Desmond Junaidi Mahesa menanggapi saran TKN Jokowi-Ma’ruf agar caleg Gerindra tidak perlu dilantik sebagai anggota DPR, karena mereka menolak hasil Pemilu 2019.

“Kalau kita menolak, apa urusan mereka. Ada apa ini, santai lah,” kata Desmond di Jakarta, Kamis 16 Mei 2019.

Menurut Desmond, harusnya TKN Jokowi-Ma’ruf santai menghadapi perbedaan pendapat dalam demokrasi, yang ditunjukkan Prabowo-Sandiaga dengan menolak hasil pemilu.

Ia berkata, TKN harusnya paham bahwa pilpres dan pileg adalah dua hal yang berbeda. Bagi Desmond, tak masalah jika menolak hasil pilpres, namun tetap menerima hasil pileg.

Selain itu, Desmond juga menyarankan TKN membaca kembali UU sebelum menyuruh caleg-caleg partai pendukung Prabowo-Sandiaga tidak dilantik sebagai anggota legislatif.

Sebelumnya, Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding, berbicara mengenai sikap Prabowo yang menolak hasil Pemilu 2019. Dia meminta agar caleg-caleg dari parpol pendukung Prabowo-Sandiaga tak dilantik KPU menjadi anggota dewan.