MINEWS, JAKARTA – Dunia baru saja menyaksikan keajaiban Liverpool saat membantai Barcelona dengan skor 4-0 pada leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu 8 Mei 2019 dinihari WIB. Sebuah ‘epic comeback’ yang fantastis.

Padahal, Liverpool bermain di bawah tekanan, setelah leg pertama di Camp Nou mereka dibantai Messi cs dengan skor 3-0. Rupanya, tekanan itu menjadi motivasi bagi skuat asuhan Jurgen Klopp membalikkan keadaan, dan ya hasilnya The Reds melenggang ke final.

Tapi, epic comeback terbaik bukan hanya terjadi pada pertandingan tersebut. Dalam Liga Champions musim-musim sebelumnya, tercatat beberapa epic comeback yang tak kalah seru dan menegangkan, berikut 3 di antaranya:

1. Liverpool vs Milan (2005)

Liverpool bertemu AC Milan di final Liga Champions tahun 2005. Pertandingan ini bisa dibilang adalah epic comeback terbaik sepanjang masa yang terjadi di Liga Champions. Bayangkan, pada babak pertama, Steven Gerrrard dkk sudah harus kejebolan 3 gol.

Milan pun mendominasi pertandingan. Tapi rupanya, The Reds tak mau menyerah. Di babak kedua, Liverpool secara menakjubkan menyamakan skor 3 gol hanya dalam waktu 5 menit. Wow. Pertandingan pun dilanjutkan sampai adu pinalti, dan yah Liverpool keluar sebagai juara.

2. AS Roma vs Barcelona (2018)

Suasana Stadion Olimpico Roma bergemuruh saat pemain AS Roma Konstantinos Manolas mencetak gol ke-3 di gawang Barcelona, yang membuat Serigala Ibukota unggul 3 gol tanpa balas dalam leg kedua perempatfinal Liga Champions tahun 2018.

Padahal, pada leg pertama di kandang Barca, Roma terpaksa menelan kekalahan 4-1 dari tuan rumah. Bermain di bawah tekanan tak membuat Daniel De Rossi cs putus asa. Di leg kedua, mereka membantai Barcelona dan membuat epic comeback dengan lolos ke semifinal dengan agregat 4-4, namun unggul gol tandang.

3. Barcelona vs PSG

Barcelona juga melakukan ‘comaback’ gemilang saat berhadapan dengan Paris Saint-Germain (PSG) di babak 16 besar Liga Champions tahun 2017 lalu. Saat bertandang ke markas PSG pada leg pertama, Barcelona dipaksa menelan kekalahan 4-0 dari tuan rumah.

Tapi, Messi dkk tak ingin begitu saja ‘lempar handuk’. Bermain di Camp Nou pada leg kedua, Barcelona membalikkan keadaan dengan dengan skor 6-1 atas PSG. Barca pun lolos ke 8 besar dengan agregat 6-5.